Iklan

iklan

Iklan

,

Kanal

Iklan

Perbaikan Jalur Mudik Dipercepat, Komitmen Pemerintah Jawa Barat dan Karawang Menjelang Lebaran

Redaktur
3/20/2024, 17:07 WIB Last Updated 2024-04-21T18:13:36Z
 
Ilustrasi
KARAWANG | Suarana.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah berupaya keras untuk memperbaiki jalur mudik menjelang perayaan Idul Fitri. Dalam upaya ini, Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin, berkomitmen untuk mempercepat perbaikan jalur mudik di Karawang. Dia menjanjikan bahwa jalur mudik akan dalam kondisi maksimal lancar setidaknya H-7 sebelum lebaran.

Menurutnya, Jabar merupakan jalur mudik nasional yang penting untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik.

“Kami juga sudah melakukan checking sejumlah ruas jalan yang menjadi wewenang Pemprov Jabar apakah dalam kondisi baik atau tidak,” kata Bey di Karawang, Selasa, 19 Maret 2024.


Sejumlah jalan rusak yang menjadi kewenangan Pemrov Jabar di Karawang, di antaranya Jalan Badami-Loji yang merupakan jalur alternatif mudik Karawang-Bogor-Cianjur yang saat ini terus menjadi sorotan.

Kemudian jalan Kosambi-Curug yang merupakan jalan alternatif mudik Karawang-Purwakarta-Bandung.

Bey menargetkan jalur mudik di Jawa Barat sudah dalam keadaan baik maksimal 7 hari sebelum lebaran. Hal itu diperlukan agar pemudik aman dalam perjalanan.


“Kami akan cek lagi terkejar apa tidak perbaikan jalan dalam waktu yang tersisa ini,” ucap Bey singkat.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, turut menyuarakan komitmen yang sama. Pemerintah Kabupaten Karawang akan mempercepat perbaikan jalan yang menjadi tanggung jawabnya, terutama pada ruas jalan alternatif yang sering digunakan oleh pemudik.

"Akan difokuskan perbaikan pada ruas jalan Karawang-Telagasari-Krasak hingga Cikalong Pantura, karena sering dilalui oleh pemudik bermotor saat terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalan utama," ungkap Aep.

Meskipun idealnya peningkatan jalan dilakukan dengan metode pengecoran atau pembetonan, namun karena keterbatasan waktu, perbaikan jalan akan dilakukan dengan metode dihotmix.

"Target kami adalah menyelesaikan perbaikan ruas jalan alternatif ini 10 hari sebelum lebaran," tambah Aep. 



*

Iklan

iklan